Tecnologia, programação e muito Visual FoxPro.

domingo, 27 de setembro de 2009

Re: ]] XL-mania [[ Masalah Data Validation

 

'Sik, 'Kosik, Mengko Disik...
melihat tanggapan² dari members kok menurutku se-akan-akan akan yg ditanyakan
BGMANA CARA MENGOPY DATA KE AREA YG DIVALIDASI..

padahal yg ditanyakan masih jelas tertulis seperti ini
1. bagaimana supaya ketika user melakukan copy n paste dari file excel lain
    maka data validation saya tetap bekerja.
2. bagaimana supaya ketika user malakukan copy paste
    tidak merubah format cell yang telah saya buat sebelumnya.

menurutku (LAGI):
peristiwa PENG-COPY-an dgn cara biasa sudah dan akan terjadi, dan cara
mengcopynya (oleh user lain) sulit diatur: harus beagini - harus begitu.
Yang menjadi problem adalah BGMANA CARAnya agar data yg tidak memenuhi syarat
VALIDASI, yang dimasukkan dengan cara Copy-Paste, tetap ditolak oleh KOLOM A
(pada pertanyaan malah lebih specifik CELL A1)
Bukan memberi tool cara mengcopy yg memberikan hasil VALUES nya saja

Lagi pula : konstanta '200  (200 dlm bentuk teks) dalam suatu cell, jika di-copy paste-special-value:
tetap menghasilkan  '200 (type data text),  bukan 200 (type data bilangan).

yg dimaksud VALUES dalam copy > paste special adalah LAWAN dari FORMULA
bukan BILANGAN sebagai lawan dari TEXT.
(sebaiknya para pemerhati thread ini mencoba data text '100 di copy special-paste value ke A1,
apakah menjadi bilangan 100 ?  Lalu (karena diluar rentang 1 s/d 10) ditolak oleh validasi di cell tsb ??)


Tetapi itu kan pendapat siti saja;
Yg paling valid mengkonfirmasi "Apa yg sebenarnya diinginkan" adalah thread-maker :
Pak ruud_mail2007. Mudah-mudahan pak ruud berkenan memberikan klarifikasinya.




2009/9/23 ruud_mail2007 <ruud_mail2007@yahoo.co.id>
>
> hai semuanya,
>
> saya saat ini sedang menalami masalah dengan data validation microsoft excel.
>
> begini masalahnya:
> saya memformat cell A1 dengan tipe number dan memberikan data validation pada cell itu bahawa data yang valid adalah 1 s/d 10.
> kemudian saya melakukan protect sheet agar data validation yang telah saya buat tidak bisa di edit oleh orang lain.
> ketika saya mengetikkan nilai pada cell A1, data validation berjalan dengan baik, tetapi ketika saya melakukan copy n paste ke cell itu (misalkan nilai "coba") maka data validation seolah2 tidak bekerja karena nilai "coba" yang saya masukkan ke cell A1 tidak di tolak.
> ketika saya teliti lagi bahwa copy n paste yang saya lakukan telah merubah format cell yang telah saya setting sebelumnya dari numerik menjadi text.
>
> pertanyaan saya adalah:
> 1. bagaimana supaya ketika user melakukan copy n paste dari file excel lain maka data validation saya tetap bekerja.
> 2. bagaimana supaya ketika user malakukan copy paste tidak merubah format cell yang telah saya buat sebelumnya.
>
> terima kasih

__._,_.___
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| Selamat Idul Fitri... Mohon maap dari momods...                   |
| http://www.facebook.com/group.php?gid=37671048001&ref=mf          |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di : http://www.friendster.com/xlmania atau...  |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Ask questions,

share experiences

Yahoo! Groups

Mom Power

Kids, family & home

Join the discussion

.

__,_._,___

Nenhum comentário:

Arquivo do blog