Tecnologia, programação e muito Visual FoxPro.

quinta-feira, 17 de maio de 2012

Re: ]] XL-mania [[ Menentukan Week dalam beberapa Tahun

WEEK adalah periode waktu yg durasinya 7 hari dimulai dari HARI tertentu  (bukan TGL tertentu) 
dan diakhiri HARI tertentu  (bukan TGL tertentu)
Mulainya sebuah WEEK bisa hari Minggu bisa Hari Senin, tergantung keinginan /setting kita 

WEEKNUM adalah nomor-nomor WEEK dlm periode 1 tahun
Karena tahun dimulai (tgl 1 Jan - nya) bukan selalu Hari Minggu atau Senin Maka WEEK No.1 dan 
Week Nomor terakhir; dlm suatu tahun bisa berumur kurang dari 7 hari

Dalam Fungsi WEEKNUM ada argument no.2, dimana kita dapat mengatur apakah suatu week
diinginkan dimulai Hari Minggu (1) atau hari Senin (2)
=WEEKNUM(C3,1)
=WEEKNUM(C3,2)

Demikian juga umur tahun yang selalu 365 atau 366 hari  bukanlah wadah yg PAS untuk ditempati
periode 7 harian, artinya 365 atau 366 jika dibagi 7 selalu ada modulusnya.
Sekedar contoh : th 2011, WeekNum #1 hanya berumur 1 hari (jika Week dianggap dimulai hari minggu)
atau hanya berumur 2 hari (jika Week dianggap dimulai hari Senin)



Karena masalah anda sendiri hanya dikemukanan dengan sangat singkat tanpa contoh data;
"menggunakan fungsi WEEKNUM,tetapi hasilnya jika saya check di tahun 2011 menjadi +1"
bagi kebanyakan orang biasa (seperti saya) sulit menangkap artinya.
maka penjelasan yg tidak perlu, yg saya tulis di atas, mungkin dapat anda jadikan pemecahaan masalah 
anda sendiri.

Dlm contoh yg saya lampirkan, untuk th 2011 setiap hari Minggu bisa di artikan sebagai WEEKNUM yg 
berbeda nomornya, tergantung "HARI PERTAMA SUATU WEEK" yg kita inginkan

-markonah-
(menggunakan excel secara ndeso..)



2012/5/15 Semino Suwito <ssemino21@yahoo.co.id>
 
Mohon di bantu pencerahan & Solusinya, saya mengalami kesulitan saat akan menentukan Week dalam setahun,
saya sudah menggunakan fungsi WEEKNUM,tetapi hasilnya jika saya check di tahun 2011 menjadi +1
 
Thanks & Regards,
Semino

Nenhum comentário:

Arquivo do blog