Tecnologia, programação e muito Visual FoxPro.

quinta-feira, 8 de setembro de 2011

RE: ]] XL-mania [[ Lookup dengan Key yang tidak identik

 

Selamat siang para pakar XL,

Terima kasih untuk bantuanya atas permasalahan saya ini, terutama terima kasih atas tanggapan mba Hapsari Lizbeth.

Ada beberapa point dalam menanggapi email mba Hapsari Lizbeth:

1.      Saya sangat setuju bahwa untuk melakukan relation data diperlukan satu key yang unik maka semua data di kantor kamipun telah mempunyai hal tersebut.

2.      Bahwa kasus saya ini tidak reguler namun eksidentil artinya baru sekali ini saya menerima data seperti ini. Maklum yang membuatnya orang lapangan yang kadang menulis nama seseorang berdasarkan nama panggilan bukan nama resmi.

3.      Untuk kasus ini saya menjamin nama-nama panggilan tersebut pasti unik contoh; Anti untuk Yulianti, Anto untuk Yulianto, Yuli untuk Yuli xxxx, Tina untuk Kristina, Adi untuk Kristiadi, dsb.

4.      Kasus relation data seperti ini memang tidak umum dan mungkin hampir mustahil untuk dilakukan relation melaui formula kecuali manual, namun saya justru tertantang untuk dapat menemukan cara melakukan relation data ini dengan kombinasi berbagai formula walaupun sampai saat ini belum menemukanya. Oleh sebab itu saya berpikir ada baiknya kasus ini saya sampaikan juga kepada komunitas pakar XL siapa tahu sudah ada yang mempunya pengalaman seperti saya ini.

 

Terima kasih dan matur nuwun

Arthur

 

From: XL-mania@yahoogroups.com [mailto:XL-mania@yahoogroups.com] On Behalf Of Haps
Sent: Thursday, September 08, 2011 11:01 AM
To: XL-mania@yahoogroups.com
Subject: Re: ]] XL-mania [[ Lookup dengan Key yang tidak identik

 

 

Bgmana membedakan Yulianti -vs- Yulianto -vs- Yulisaja -vs- Yuli Kristi, untuk 

   dianggap sebagai "Yuli" saja ?

 

Bgmana membedakan Kristina -vs- Kristiono -vs- Kristiadi -vs- Yuli Kristi, untuk

   dianggap sebagai "Kristi" saja

 

Karena data item yg akan dianggap UNIK  (dlm hal ini: NAMA Wiraniaga yg cenderung 

banyak kesamaan) tidak diberi Wiraniaga_ID, maka pengolahan data penjualan akan

menjadi sangat sulit hanya karena NAMA saja

 

Misalnya tanpa Wiraniaga_ID pun, bisa juga dipaksakan untuk mencari 

Kristi adalah Kristiono, bukan Yuli Kristi

Yuli adalah Frida Yulianti, bukan Endang Yuliani atau juga bukan 'Wandi Yulianto'

tetapi biayanya (jam memikir dan membayar si pemikir) Akan sangat mahal, seperti google 

dapat membedakan (mencari) gambar berdasarkan GAMBAR

Sedangkan kita tidak perlu mengolah data text / angka dengan biaya seperti google 

dengan mesin pencarinya spt itu.

 

Mungkin juga penyingkatan nama di perusahaan pak Latiriuw saat ini sudah memakai aturan

tetapi kalau tidak diceritakan (& tidak tercermin pada data yg diajukan), meneketehek ?!

 

Jadi dengan asumsi bahwa penyingkatan nama Wiraniaga, belum ada aturannya dan belum

di resmmikan menjadi TABEL MASTER WIRANIAGA, maka rumus untuk memanggil data

"Realisasi" akan cukup sulit atau bahkan tidak mungkin tanpa bantuan tabel lain.

 

Oleh karena itu usul yg kami ajukan bukan membuat rumusnya tetapi mempebaiki cara

pencatatan NAMA WIRANIAGA, sebaiknya setiap Wiraniagadi tetapkan ID-nya (dengan 

data unique) dan diresmikan dalam sebuah tabel.

Nantinya di tabel lain, jika disebut ID nya, orang akan mudah memunculkan NAMANYA 

(walau ada nama wiraniaga yg kembar)

Penulisan ID pun hendaknya diotomatiskan misal dengan Data Validation (allow = LIST)

karena dengan cara itu para mengisi tabel akan terhindar dari salah eja, dan tetap konsisten

dengan ejaan ID yg ada di tabel.

 

Terlampir sekedar Contoh peleksanaannya di workbook.

 

Penyusunan 'sistem pencatatan' yg melibatkan beberapa tabel dan masih akan sering 

diolah lebih lanjut, sesederhana apapun, tetap memerlukan tahap "perancangan".

Di tahap itu struktur tabel dan cara menuliskan data pada tabel dirancang sedemikian rupa

hingga nantinya akan MUDAH diolah lebih lanjut.

 

Kebanyakan pemakai excel, membuat data (yg akan diolah lebih lanjut) tanpa mengingat

apakah nantinya mudah diolah. Rupanya mereka "terlena" membentuk data tersebut menjadi 

REPORT yg BAGUS tampilannya; yg biasanya hanya DEMI memenuhi keinginan mata 

memandangi report yg BAGUS tampilannya tersebut. Data pendukungnya tidak mendapat

perhatian sama sekali.

 

Mohon maaf "lahir batin", jika jawaban ini bukan jawaban yg dikehendaki.

 

 

 

2011/9/8 Laturiuw, Arthur <Arthur.Laturiuw@nov.com>

 

Selamat pagi mas dan mba pakar XL,

Mohon pencerahan yang lebih mendalam mengenai formula lookup untuk key yang tidak indentik seperti sheet terlampir.

 

Terima kasih atas bantuanya.

Arthur

 

 

__._,_.___
Recent Activity:
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin...                 |
| www.linkedin.com/company/xl-mania                                 |
| ayo pesan buku "mengapa boss benci chart anda"  :D :D :D          |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di : http://www.friendster.com/xlmania atau...  |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+
MARKETPLACE
A bad score is 598. A bad idea is not checking yours, at freecreditscore.com.

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Nenhum comentário:

Arquivo do blog