Tecnologia, programação e muito Visual FoxPro.

segunda-feira, 15 de abril de 2013

Bls: ]] XL-mania [[ Menampilkan sekelompok data dengan kriteria

 

saya mencoba memberikan solusi yang lebih ringkas dengan hanya menggunakan satu tabel untuk menampilkan sekelompok data yang diinginkan.
jika sebelumnya dalam attachment kasus yang ditanyakan ada 2 tabel
1. tabel untuk menampilkan data siswa berdasarkan kelas yang dipilih
2. tabel untuk menampilkan data siswa berdasarkan bidang study yang dipilih

dalam solusi yang saya tawarkan ini saya hanya membuat satu tabel untuk 2 keperluan seperti  tersebut  di atas  .

 pada cell (J5) ada data validation yang berisi dua piliha tersebut
jika  salah satu sudah dipilih maka secara otomatis pada cell di sebelahnya (K5) pilihan data validadationnya akan berubah sesuai dengan pilihan pada J5 demikian pula judul kepala kolom (ke 3) pada tabel di bawahnya akan berubah tergantung pada pilihan di J5 . jika kita memilih kelas makan judul kepala akan berubah menjadi kelas demikian juga kalau yang dipilih adalah study maka akan berubah jadi study.

hal pertama yang harus dilakukan untuk solusi kasus dengan cara ini adalah memberi nama kolom pada data sumber sesuai dengan judul kolomnya ,demikian pula untuk nama kolom pada tabel hasil harus sama persis dengan tabel sumber.

formula yang digunakan ada 2 macam
untuk isian No.formula pertama ditulis  di J7
=IF(COUNTIF(INDIRECT(SUBSTITUTE($J$5;" :";""));$K$5)<ROW(1:1);"";ROW(1:1))
copy ke bawah.


untuk isian kolom lainnya formula pertama ditulis di K7 (formula array)
=IFERROR(INDEX(INDIRECT(K$6);SMALL(IF(INDIRECT(SUBSTITUTE($J$5;" :";""))=$K$5;No.);$J7));"")

copy ke kanan (kolom lainnya) dan ke bawah.

selanjutnya untuk formula pada data validation bisa dilihat langsung pada attahment.

wassalam

Ghozi Alkatiri



Dari: Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>
Kepada: "XL-mania@yahoogroups.com" <XL-mania@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 13 April 2013 13:17
Judul: ]] XL-mania [[ Menampilkan sekelompok data dengan kriteria

 
Salam XL-mania.

Perkenalkan saya Haris, saya karyawan sebuah lembaga pendidikan swasta. Pekerjaan saya banyak berhubungan dengan pengolahan database yang saya buat dengan excel, tapi sampai saat ini saya menemui kesulitan saat melakukan reporting data, sehingga pekerjaan reporting saya lakukan dengan "manual". Saya mohon bantuan agan-agan XL-mania untuk dapat membantu kesulitan saya tersebut.

Yang saya inginkan adalah dengan hanya menuliskan kriteria (contoh: Nomor Kelas) saya sudah dapat menampilkan semua data yang masuk dalam kriteria tersebut.
Demikian juga jika saya masukan Bidang Study maka akan tampil pula semua yang masuk dalam kretia tersebut.

Saya sangat mengharapkan bantuan dari semua rekan XL-mania yang bisa membantu saya.

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.

Haris.


__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (4)
Recent Activity:
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| Merry Christmas. May God bless you and your family...             |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di :                                            |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+
.

__,_._,___

Nenhum comentário:

Arquivo do blog