Tecnologia, programação e muito Visual FoxPro.

quinta-feira, 13 de janeiro de 2011

Bls: ]] XL-mania [[ membuat daftar nilai siswa

 

dalam kasus ini saya hanya mencoba memberi solusi untuk penyelesaian kasus yang ditanyakan pada pertanyaan point ke 4.mengisi data nilai total otomatis dengan formula yang insya Allah lebih ringkas , fleksibel dan konsisten.
lebih lanjut bisa dilihat di attachment.

salam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sel, 11/1/11, Lisa Wulandari <lisawulandari11@yahoo.com> menulis:

Dari: Lisa Wulandari <lisawulandari11@yahoo.com>
Judul: ]] XL-mania [[ membuat daftar nilai siswa
Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
Tanggal: Selasa, 11 Januari, 2011, 12:25 PM

 

Salam kenal para sesepuh excel,

Mohon bantuannya,

Saya mengalami kesulitan dalam menyelesaikan format isian daftar nilai siswa (file terlampir). Dalam file tersebut, saya membuat 6 sheet, yaitu sheet [masukan_nama], [masukan_nilai], [data siswa total], [data nilai total], [XAP1], dan [XAP2].

Sedianya, saya menginginkan agar sheet [masukan_nama] dan [masukan_nilai] menjadi form isian yang datanya langsung masuk ke [data siswa total] dan [data nilai total]. 

Adapun sheet [XAP1] dan [XAP2] saya maksudkan untuk tampilan nilai siswa per kelas. Di sini, saya akan menggunakan 2 skenario dalam memasukkan nilai. Pertama, memasukkan nilai melalui sheet [XAP1] dan [XAP2], yang inputnya langsung terisi ke sheet [data_nilai_total] sebagai database keseluruhan siswa. Kedua, memasukkan nilai melalui form [data_nilai_total], untuk mengedit beberapa nilai siswa yang mengikuti ujian susulan atau ujian perbaikan.

Pertanyaan saya adalah
  1. Bagaimana membuat input dari sheet [masukan_nama] dapat terisi otomatis ke [data siswa total] ?
  2. Bagaimana membuat input dari sheet [masukan_nilai] yang dapat terisi otomatis ke [data_nilai_total], tetapi hanya memasukkan sebagian input saja ? 
  3. Pada sheet [masukan_nama], saya menggunakan fungsi concatenate untuk membuat kode siswa, tetapi tidak berhasil. Dimanakah letak kesalahan formulanya?
  4. Untuk mengisi sheet otomatis [data nilai total], saya hanya menggunakan fungsi if dan vlookup. Namun, saya akan mengalami kesulitan jika ada banyak kelas yang saya asuh, misalnya 10. Apakah ada rumus yang lebih efisien untuk memunculkan nilai di [data nilai total] dari beberapa sheet lainnya [XAP1], [XAP2], dst. Berikut rumus yang saya pakai =IF($D6="XAP1";VLOOKUP($B6;'XAP1'!$B$10:$AE$49;3;FALSE);IF($D6="XAP2";VLOOKUP($B6;'XAP2'!$B$10:$AE$49;3;FALSE);""))
  5. Bagaimana membuat file tersebut agar dapat menjadi sebuah template/format standar, jika ada beberapa file yang tergabung di dalamnya. 
Misalnya, database data_siswa_total saya pisahkan dengan data_nilai_total, sehingga akan ada 2 file dengan fungsi-fungsi yang saling berkaitan. Kemudian, pada semester baru, saya ingin menggunakan format serupa, tetapi dengan isian dan nama file yang berbeda. Bagaimana caranya agar saya tidak perlu mengganti lagi fungsi-fungsi di dalamnya?

Maaf kalau pertanyaan saya terlalu banyak, dan sebagai seorang anggota baru, mungkin ada beberapa pertanyaan yang pernah ditanyakan sebelumnya. Untuk itu, sekiranya ada pertanyaan yang pernah dibahas, saya cukup meminta linknya saja. Terimakasih sebelumnya.

Salam,
Lisa 





__._,_.___
Recent Activity:
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| "if you are the most valuable assets, you will show up on the     |
| balance sheet..." - oNo Wiqe                                      |
| http://www.facebook.com/group.php?gid=37671048001&ref=mf          |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di : http://www.friendster.com/xlmania atau...  |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.

.

__,_._,___

Nenhum comentário:

Arquivo do blog